PENGUATAN PELATIHAN KEPEMIMPINAN MELALUI SEKOLAH KADER

  • Muhammad Taufiq
  • MUhammad Syafiq

Abstract

Pola pengembangan kader kepemimpinan di Indonesia saat ini baru melalui jalur pendidikan
dan pelatihan kepemimpinan yang ternyata dianggap oleh banyak pihak masih memiliki
beberapa kelemahan. Policy brief ini menganalisis kelemahan sistem pendidikan dan pelatihan
kader pimpinan ASN. Selain itu, policy brief ini juga memberikan analisis bagaimana model
penyelenggaraan sekolah kader yang ideal bagi birokrasi Indonesia sebagai rekomendasi bagi
pemerintah dalam merumuskan kebijakan pendidikan dan pelatihan kader pimpinan ASN di
Indonesia. Metode yang digunakan merupakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data
menggunakan studi literatur dan Focus Group Discussion (FGD). Informan dalam kajian ini
meliputi praktisi, dan akademisi bidang manajemen sumber daya manusia. Hasil kajian
menunjukkan berbagai kelemahan dalam sistem pendidikan dan pelatihan kader pimpinan
ASN saat ini, sebagai berikut: 1. belum berorientasi pada pemenuhan kompetensi, 2. belum
terintegrasi dengan manajemen talenta, 3. calon peserta tidak terseleksi dengan baik, 4. belum
jelasnya pemanfaatan alumni diklat, 5. sistem informasi kediklatan belum mencakup
kebutuhan pengembangan kompetensi secara nasional, 6. kelembagaan diklat belum
mendukung proses reformasi birokrasi. Model penyelenggaraan sekolah kader yang
direkomendasikan terbagi menjadi tiga, yaitu : 1. Pelatihan Kader Pimpinan Tinggi (PKPT), 2.
Pelatihan Kader Pimpinan Pimpinan Administrasi (PKPA), serta 3, Sekolah Kader Unggulan.
Kurikulum mencakup 6 kelompok agenda pembelajaran yaitu etika dan integritas,
kepemimpinan unggul, reformasi birokrasi, inovasi sektor publik, e-government,
kepemimpinan dalam keragaman budaya, manajemen kinerja, dan seminar isu strategis
(ekonomi, politik, budaya, dan teknologi).
Kata Kunci: aparatur sipil negara, pelatihan kepemimpinan, sekolah kader

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-11
How to Cite
Taufiq, M., & Syafiq, M. (2019). PENGUATAN PELATIHAN KEPEMIMPINAN MELALUI SEKOLAH KADER. Jurnal Analis Kebijakan, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.37145/jak.v1i1.63