ANALISIS HAMBATAN TARIF DAN NON TARIF SERTA PENGEMBANGAN PASAR EROPA PADA PRODUK PERIKANAN INDONESIA

  • Dian Dwi Laksani

Abstract

Analisis hambatan tarif dan non tarif serta pengembangan pasar Eropa pada produk perikanan Indonesia penting dalam rangka meningkatkan akses pasar serta mempromosikan dan
membangun image untuk pengembangan ekspor ke negara-negara di Eropa. Penelitian ini menganalisis tentang deskripsi umum tentang sektor perikanan di Indonesia yang terdapat
potensi untuk penetrasi pasar ke Eropa. Tarif Uni Eropa berkisar antara 0-21% di antara negaranegara potensial lainnya. Kebijakan non tarif dirasakan mulai memberatkan pemerintah dan
pengusaha perikanan yaitu terkait standar mutu dan pangan dengan basis perlindungan konsumen tingkat tinggi. Analisis Export Product Dynamic (EPD) di pasar Uni Eropa menunjukkan sebanyak 165 produk perikanan Indonesia di posisi rising star (winner in increasing market), 18 produk pada posisi lost opportunity (loose market opportunity), 14 produk pada posisi winner in declining market. Diharapkan pemerintah maupun pengusaha perikanan mampu mengetahui dengan cepat perkembangan isu perdagangan diantaranya dengan mengakses fasilitas helpdesk on-line yang dikeluarkan Uni Eropa untuk membantu negara mitra dagang dalam mengakses informasi mengenai pasar Uni Eropa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-09
How to Cite
Laksani, D. (2019). ANALISIS HAMBATAN TARIF DAN NON TARIF SERTA PENGEMBANGAN PASAR EROPA PADA PRODUK PERIKANAN INDONESIA. Jurnal Analis Kebijakan, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.37145/jak.v2i2.28